PENGARUH PEMBERIAN TERAPI ANTIPSIKOTIK KOMBINASI TERHADAP TINGKAT DEPRESI PASIEN SKIZOFRENIA DI UPT PUSKESMAS TALUN KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Sri Susilowati Mahasiswa Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Martanty Aditya Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Chresiani Destianita Yoedistira Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.112

Keywords:

Antipsikotik Kombinasi, Skizofrenia, Tingkat Depresi

Abstract

Skizofrenia merupakan penyakit psikiatrik kronis yang banyak menimbulkan masalah psikologis. Penatalaksanaannya dengan memberikan obat antipsikotik, diberikan dalam bentuk kombinasi. Penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya depresi dan kemungkinan mengalami efek samping terapi. Oleh karena itu perlu diukur efektifitas terapi yang diukur melalui tingkat depresi meliputi depresi ringan, sedang, berat, sangat berat.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 58 responden. Pengambilan data dilakukan dengan cara retrospektif, kemudian dilanjutkan dengan wawancara terstruktur oleh peneliti dibantu oleh asisten peneliti dengan instrument kuesioner Hamilton Depression Rating Scale (HDRS). Penelitian ini dilakukan pada penderita skizofrenia di UPT Puskesmas Talun Kabupaten Blitar pada bulan April-Juli 2020. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner Hamilton Depression Rating Scale (HDRS). Pengaruh pemberian terapi antipsikotik kombinasi terhadap tingkat depresi dilakukan menggunakan uji Kruskal Wallis, dan didapatkan bahwa probabilitas > alpha (5%), tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemberian antipsikotik kombinasi, dan dilaporkan pula efek samping berupa ekstrapiramidal ringan, ekstrapiramidal berat dan tremor. Pada kombinasi I dilaporkan terjadi efek samping ektrapiramidal ringan 1 pasien, berat 1 pasien, tremor 1 pasien. Pada kombinasi II dilaporkan terjadi efek samping ekstrapiramidal ringan 2 pasien dan pada kombinasi III dilaporkan tidak ada kejadian efek samping.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-10