REBRANDING UMKM KAFE KOPIRIGHT MALANG BERBASIS ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • Adrian Surono Mahasiswa DKV, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Bintang Pramudya P P Dosen DKV, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Ayyub Anshari Sukmaraga Dosen DKV, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.136

Keywords:

logo, brand, branding, brand identity, kemasan

Abstract

Seiring berjalannya waktu banyak sekali industri makanan dan minuman yang dibuka oleh banyak pengusaha. Salah satu peluang usaha yang digemari adalah kafe. Banyak sekali kafe-kafe yang dibuka di Indonesia dan juga di kota Malang. Setiap kafe memiliki keunikan dan ciri khas nya masing-masing. Oleh karena itu persaingan antara masing-masing kafe sangatlah ketat. Salah satu kafe yang memiliki potensi untuk bertahan dalam persaingan ini adalah Kopiright. Kopiright adalah sebuah kafe yang menjual minuman berbahan dasar kopi dan juga non kopi. Kopi yang digunakan oleh Kopiright adalah kopi yang sangat segar, karena pemiliknya membeli biji kopi segar langsung dari petani kopi. Namun, Kopiright masih kurang dikenali oleh masyarakat kota Malang karena kurangnya identitas visual yang kuat dan promosi yang dilakukan.  Oleh karena itu, dibutuhkan brand identity yang dapat menarik perhatian konsumen dan calon konsumen Kopiright. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat brand identity baru dan buku GSM yang berguna sebagai panduan dalam mengaplikasikan logo dan elemen visual lainnya untuk menjaga konsistensi brand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Kemudian data tersebut akan diolah menggunakan metode analisis SWOT, dan creative brief. Selain itu juga akan dirancang media promosi sosial media berupa feeds Instagram dan packaging yang akan berguna sebagai media promosi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-10