PERANCANGAN POSTER MENGENALKAN BUDAYA MA NENE DI TANA TORAJA UNTUK REMAJA USIA 12 HINGGA 24 TAHUN

Authors

  • Aprilia Kusumawangi Mahasiswa DKV, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v2i2.152

Keywords:

budaya, psychedelic, tradisi Ma’nene, poster

Abstract

Indonesia disebut dengan Negara Budaya karena di Indonesia kaya akan berbagai budaya-budaya yang beraneka ragam, dari banyaknya budaya Indonesia dan semakin modernnya jaman, banyak budaya Indonesia yang dilupakan oleh kalangan anak muda atau remaja saat ini. Makin dikhawatirkannya jika budaya budaya Indonesia jarang ditampilkan atau diperlihatkan sebagai pengingat budaya di kalangan saat ini, budaya yang ada berpuluh puluh tahun bahkan beratus ratus tahun lalu akan punah dengan sendirinya. Salah satunya ialah budaya Ma’Nene di Tana Toraja yang cukup unik alur upacara maupun peristiwanya, yakni membersihkan jasad dan mengganti pakaiannya.

Perancangan poster gerakan sosial bergaya psychedelic adalah salah satu media yang dapat diaplikasikan untuk pengingat budaya. Tak hanya berinovasi baru melainkan juga poster psychedelic dapat masuk ke jaman saat ini terlihat dari jenis gayanya yang menggunakan banyak warna dan membuat target audiens akan berasumsi dan menyimpulkan dari yang mereka lihat.

Dalam proses perancangannya, digunakan metode kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan yaitu mencari informasi dari internet maupun dari narasumber yang memang asli Tana Toraja. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan data deskriptif yang nantinya akan membantu proses pra produksi yakni pencarian ide dan pembuatan sketsa.

Hasil dari perancangan ini adalah poster digital maupun cetak dalam format JPEG berukuran A1 atau ukuran 59,4 x 84,1 cm yang nantinya akan dipamerkan. Poster ini sendiri berjumlah 6 poster yang dari satu karya ke karya yang lain saling bersangkutan. Selain berupa poster, perancangan ini juga menghasilkan beberapa media pendukung seperti berupa t-shirt, totebag, key chain, smartphone case, notebook cover, maupun Instagram post.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-15