OPTIMASI PEMBUATAN SERBUK INSTAN DARI BUAH JERUK KEPROK (Citri reticulata) DENGAN METODE KRISTALISASI

Authors

  • Eva Monica Universitas Ma Chung
  • Muhammad Setiyawan Universitas Ma Chung
  • Muhammad Hilmi Afthoni Universitas Ma Chung
  • Rollando Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v3i2.235

Keywords:

Citrus reticulata, kristalisasi, serbuk instan, vitamin C

Abstract

Jeruk keprok (Citri reticulata) atau sering juga disebut dengan Tangerang yaitu salah satu jenis jeruk yang paling banyak digemari. Buah jeruk keprok (cetus reticulata) adalah salah satu sumber yang kaya vitamin C dan mengandung asam sitrat. Pada perkembangan jaman banyak berbagai olahan produk pangan dalam berbentuk minuman serbuk instan yang banyak disukai oleh berbagai masyarakat. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui formulasi yang optimal, karakteristik mutu dan stabilitas pada serbuk instan dari buah jeruk keprok (citra reticulata).

Pada penelitian ini menggunakan metode kristalisasi. Penelitian dilakukan pada bulan Juli - September 2022 dengan mendapatkan sampel di desa Dau Kabupaten Malang. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap 3 formulasi sediaan serbuk instan dari buah jeruk keprok (Citrus reticulata) dengan uji karakteristik dan stabilitas yang terdiri dari uji mikrobiologi, organoleptik, hedonik, kadar air, laju alir, kadar vitamin C.

Hasil dan kesimpulan penelitian formulasi 1 dengan perbandingan air jeruk dan gula sebesar 1:1 dipilih sebagai formula yang optimal dengan hasil uji hedonik tertinggi dari 40 responden serta memenuhi persyaratan karakteristik mutu dan mempunyai kadar vitamin C sebesar 42,3%. Saran pada penelitian selanjutnya perlu diteliti dalam mengoptimasi sediaan serbuk instan dalam beberapa pengujian yaitu uji kadar vitamin C dan uji laju alir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslamiyah, N. A., 2019, Metode-metode Pembuatan Minuman Serbuk Instan.

Harjanto, S. 2017, Peran Laminar Air Flow Cabinet Dalam Uji Mikroorganisme Untuk Menunjang Keselamatan Kerja Mahasiswa Di Laboratorium Mikrobiologi, Metana, 13:55-57.

Jamilatun, A., 2020, Perbandingan Pertumbuhan Aspergillus fumigatus pada Media Instan Modifikasi Carrot Sucrose Agar dan Potato Dextrose Agar, Mikologi Indonesia, 4:168–174.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2020, Modifikasi Autoclave Berbasis Atmega328 (Suhu), Nomor 7393, Yogyakarta,

Hardono, T. Utami, Y. P., 2017, Standardisasi Simplisia dan Ekstrak Etanol Daun Leilem, Pharmaceutical and

Medicinal Sciences, 5:32–39.

Widyawati, A. T. R., 2017, Teknologi inovasi budidaya Jeruk Keprok Borneo Prima di Kalimantan Timur, 3:127–131

Downloads

Published

2023-03-31