TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI DAN KIMIA DI UNIVERSITAS MA CHUNG TERHADAP BAHAYA SENYAWA KIMIA (DIKLOROMETAN, ETIL ASETAT, KLOROFORM, DAN ESTER)

Authors

  • Atarodang Beatrico Lyo Mahasiswa Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Rollando Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • FX Haryanto Susanto Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

Keywords:

Efektivitas Edukasi, Paparan Senyawa Kimia, Tingkat Pengetahuan

Abstract

Abstrak
Terdapat dua Program Studi di Universitas Ma Chung yang
berhubungan erat dengan penggunaan bahan-bahan kimia di
laboratorium termasuk senyawa diklorometan, etil asetat,
kloroform, dan ester yaitu program studi farmasi dan kimia.
Meski erat hubungannya, tetapi dalam kegiatan praktikum
seharihari kepatuhan dan kesadaran dalam penggunaan Alat
Perlindungan Diri belum efektif di laboratorium. Hal ini
dikarenakan kurangnya pengetahuan mahasiswa terhadap
dampak kesehatan dan cara meminimalisir risiko paparan
selama bekerja, bersinggungan, dan menggunakan senyawasenyawa kimia termasuk juga senyawa diklorometan, etil
asetat, kloroform dan ester.. Sehingga dibutuhkan intervensi
untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan
mahasiswa sebelum dan sesudah diberi intervensi, serta untuk
mengetahui apa saja dampak akut dari paparan senyawa
diklorometan, etil asetat, kloroform, dan ester yang dialami
oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimental dengan jenis penelitian cohort study dan
menggunakan two-group pretest-posttest design.
Berdasarkan uji Mann Whitney, hasil p-value yang didapatkan
untuk kelompok kontrol adalah 0,005 dan untuk kelompok uji
adalah 0,000. Persentase responden yang mengalami pusing
sebanyak 85,3%, mual sebanyak 44,0%, 2030% mengalami
iritasi kulit, kebingungan, iritasi saluran pernapasan, rasa
kantuk berlebihan, iritasi mata, dan muntah, 017% mengalami
kehilangan kesadaran, kejang, detak jantung tidak stabil, dan
tremor. Hasil kesimpulan menyatakan bahwa edukasi berupa
pemberian leaflet dan video memberikan perbedaan yang
signifikan pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Sedangkan
dampak akut dari paparan diklorometan, etil asetat,
kloroform, dan ester yang paling banyak dialami oleh
mahasiswa adalah pusing dan mual.
Kata Kunci: Efektivitas Edukasi, Paparan Senyawa Kimia,
Tingkat Pengetahuan.
Abstract
There are two Study Programs at Ma Chung University that
are closely related to the use of chemicals in the laboratory
including dichloromethane compounds, ethyl acetate,
chloroform, and esters, namely pharmaceutical and chemical
study programs. Although it is closely related, in daily
practicum activities compliance and awareness in the use of
Personal Protection Equipment have not been effective in the
laboratory. This is due to the lack of student knowledge on
health impacts and how to minimize the risk of exposure
during work, contact, and use of chemical compounds
including dichloromethane compounds, ethyl acetate,
chloroform, and esters. So intervention is needed to increase
student knowledge. This study aims to determine changes in
the level of knowledge of students before and after being
given an intervention, as well as to find out what are the acute
effects of exposure to dichloromethane compounds, ethyl
acetate, chloroform, and esters experienced by students. This
study is an experimental study with a cohort study and uses a
twogroup pretest-posttest design. Based on the Mann
Whitney test, the p-value obtained for the control group was
0.005 and the test, the group was 0,000. The percentage of
respondents who experienced dizziness was 85.3%, nausea as
much as 44.0%, 2030% experienced skin irritation, confusion,
respiratory irritation, excessive drowsiness, eye irritation, and
vomiting, 0-17% experienced loss of consciousness,
convulsions, unstable heartbeat, and tremors. The conclusion
states that education in the form of leaflets and videos gives a
significant difference in the level of student knowledge.
While the acute effects of exposure to dichloromethane, ethyl
acetate, chloroform, and esters most experienced by students
are dizziness and nausea.
Keywords: Education Effectiveness, Exposure to Chemical
Compounds, Knowledge Level

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-02