UJI AKTIVITAS ANTI BAKTERI GONDORUKEM Resina Colophonium TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS

Authors

  • Erlinawati Santoso Mahasiswa Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Rollando Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Muhammad Hilmi Afthoni Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Yurida Ekawati Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.184

Keywords:

Escherichia Coli, Gas Chromatographymass GC MS Gondorukem Staphylococcus aureus, In Silico

Abstract

Hasil hutan yang memiliki potensi besar dalam pemanfaatannya adalah pohon Pinus Merkusii. Pohon pinus yang di sadap dan destilasi menghasilkan Gondorukem  Gondorukem memiliki manfaat untuk korek api, mengurangi stress. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri Gondorukem terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Penelitian merupakan penelitian eksperimental’laboratorium. Pada tahap pertama dilakukan ekstraksi dan maserasi dengan petroleum eter dan etanol, dilakukan uji disk difusi dengan variasi konsentrasi ekstrak 2000 ppm; 1000 ppm; 500 ppm; 250 ppm; 125 ppm dan kontrol positif ampicilin, kontrol negatif akuades. Selanjutnya, dilakukan makrodilusi dengan pengamatan kejernihan larutan untuk menentukan nilai Konsentrasi Hambat Minimum dan penggoresan ke media agar untuk penentuan nilai Konsentrasi Hambat Minimum, dan dilakukan pengujian dengan Gas Chromatography-Mass (GC-MS) untuk mengetahui senyawa aktif yang terdapat pada fraksi dan dilakukan uji In Silico pada protein 1CEG, 1 CEF, 1ITV, dan 4D0Y.

Hasil pengujian in vitro diameter zona hambat paling besar terdapat pada fraksi petroleum eter Bakteri Staphylococcus aureus sebesar 13,92 mm. Palustric acid,  Abietic acid, dan delta.8(14)-Isopimaric acid mempunyai interaksi yang baik dengan protein 1CEF, 1CEG, 1ITV, dan 4D0Y.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30