Formulasi Sediaan Tonik Rambut Penumbuh Rambut Ekstrak Ginseng Jawa Talinum paniculatum Gaertn

Authors

  • Fauziya Radani Mahasiswa Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Rollando Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung
  • Chresiani Destianita Yoedistira Dosen Farmasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.186

Keywords:

Gingseng Jawa Talinum Paniculatum Gaertn, In Vivo , Tonik Rambut

Abstract

Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) merupakan salah satu tanaman obat herbal yang mengandung berbagai macam senyawa bioaktif seperti saponin, steroid, polifenol dan minyak atsiri. Tanaman ini diduga sebagai sumber antioksidan, seperti yang diketahui bahwasanya antioksidan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Tonik rambut merupakan sediaan yang mengandung bahan-bahan yang diperlukan oleh rambut, akar rambut dan kulit kepala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula optimum, aktivitas antioksidan dan efektivitas pertumbuhan rambut secara in vivo dengan menggunakan hewan uji mencit jantan dari sediaan tonik rambut ekstrak ginseng jawa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan kuantitatif dengan analisa data menggunakan anova one way. Adapun uji yang dilakukan yaitu uji mutu fisik sediaan yang terdiri dari uji organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, hedonik, iritasi, uji aktivitas antioksidan dan uji efektivitas pertumbuhan rambut secara in vivo dengan menggunakan hewan uji mencit jantan yang dilakukan selama 15 hari.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan formula optimum terdapat pada formula 3, nilai IC50 yang didapat dari formula 1 sebesar 73,19579, IC50 formula 2 sebesar 68,13981 dan IC50 formula 3 sebesar 52,76862, berdasarkan hasil IC50 dari ketiga formula aktivitas antioksidan dari sediaan tonik rambut ekstrak ginseng jawa termasuk dalam kategori kuat. Efektivitas pertumbuhan rambut yang dilakukan secara in vivo pada hewan uji mencit jantan dari formula 3 dengan konsentrasi ekstrak sebesar 6% dapat menumbuhkan rambut mencit pada hari ke 15.

Downloads

Published

2022-09-30