PERANCANGAN ANIMASI 3D DONGENG ANAK SI KANCIL DAN BUAYA
Keywords:
Dongeng, Perancangan, Animasi 3DAbstract
Abstrak
Dongeng yakni sebuah produk budaya yang telah mengalami
berbagai macam perubahan terhadap media penyampaiannya.
Bahkan dongeng menjadi dilupakan oleh anak-anak di jaman
sekarang. Agar dongeng tetap disukai anak – anak jaman sekarang,
maka diperlukannya pengemasan cerita dongeng yang sesuai
dengan minat anak jaman sekarang yaitu dengan dilakukannya
pembuatan animasi 3D dongeng Si Kancil dan Buaya yang dapat
dinikmati melalui smartphone. Cerita Si Kancil dan Buaya
menjadi pilihan dongeng peneliti karena cerita ini sudah ada lama
di Jawa dan dulunya cerita Si Kancil dan Buaya sering dijadikan
sebagai pengajaran untuk anak-anak. Dalam pengemasan 3D ini
diharapkan dongeng tetap dapat dinikmati oleh anak-anak jaman
sekarang. Metode penulisan yang dipakai dalam perancangan ini
adalah analisis kualitatif naturalistik. Perancangan animasi dari
dongeng "Si Kancil dan Buaya" dengan menggunakan Adobe
Photoshop dan Adobe Illustrator dianimasikan dengan software
Blender 2.8. Perancangan animasi ini juga meliputi pembuatan
konsep karakter, storyboard, background, proses animasi yang
meliputi rigging, rendering, dan compositing. Hasil dari
perancangan ini adalah animasi pendek Si Kancil dan Buaya
dengan durasi 3-4 menit. Terdapat media pendukung berupa CD
case, botol minum, T-shirt, trailer, dan
video perkenalan
Kata Kunci: dongeng, perancangan, animasi 3D
Abstract
Fairytale is a cultural product that has undergone various changes
to the delivery media. Even fairy tales are forgotten by children
today. In order for fairy tales to be liked by children today, it is
necessary to package fairy tales in accordance with the interests
of today's children, namely by making 3D animation of fairy tales
of the hare and crocodiles that can be enjoyed through
smartphones. The story of The Mouse Deer and
Crocodile is a fairy choice for researchers because this story has
been around a long time in Java and the story of The Mouse Deer
and Crocodile is often used as teaching for children. In this 3D
packaging it is hoped that fairy tales can still be enjoyed by
children today. The writing method used in this design is a
naturalistic qualitative analysis. The animation design of the fairy
tale "The Mouse Deer and Crocodile" using Adobe Photoshop and
Adobe Illustrator is animated with Blender 2.8. The design of this
animation also includes the creation of character concepts,
storyboards, backgrounds, animation processes that include
rigging, rendering, and compositing. The result of this design is a
short animation of the Mouse Deer and Crocodile with a duration
of 3-4 minutes. There are supporting media in the form of CD
cases, drinking bottles, T-shirts, trailers, and introductory videos
Keywords: fairy tales, design, 3D animation
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sainsbertek Jurnal Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.