PERANCANGAN WEBTOON “SEKARTAJI” UNTUK MEMPERKENALKAN CERITA PANJI KEPADA MASYARAKAT USIA MUDA
Keywords:
Tugas Akhir, Komik Digital, Panji Asmarabngun, WebtoonAbstract
Abstrak
Keberadaan cerita Panji di Indonesia mulai menghilang dengan
masuknya budaya luar akibat dampak negatif dari globalisasi.
Guna memperkenalkan kembali cerita Panji kepada masyarakat
Indonesia, terutama pada generasi muda, dilakukan perancangan
Webtoon “Sekartaji” yang hasilnya diunggah ke aplikasi digital
LINE Webtoon. Aplikasi ini sendiri merupakan salah satu contoh
dampak positif globalisasi yang mempermudah pecinta komik
untuk menikmati komik favorit di mana dan kapanpun. Metode
yang dilakukan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode
kualitatif dilakukan dengan studi pustaka dan observasi secara
online. Sedangkan metode kuantitaif dilakukan dengan
menyebarkan angket guna mempereleh referensi lebih untuk
mendukung data yang diperoleh dari metode sebelumnya. Konsep
yang digunakan dalam perancangan ini adalah pembuatan
ilustrasi komik digital bergaya gambar semi kartun Jepang yang
berjumlah 5 episode dengan 30 panel pada setiap episodenya.
Selain dalam bentuk digital, perancangan ini juga menghasilkan
beberapa media pendukung, seperti notebook, pin badge, t-shirt,
smartphone case, dan juga video teaser.
Kata Kunci: Tugas akhir, komik digital, Panji Asmarabangun,
Webtoon
Abstract
The existence of the Panji in Indonesia began to disappear with
the inclusion of foreign culture due to the negative impact of
globalization. To reintroduce the Panji to the people of Indonesia,
especially to the younger generation, a Webtoon titled
“Sekartaji” was designed, the results will be uploaded to the
LINE Webtoon, a digital application. This application itself is one
example of the positive impact of globalization that makes it
easier for comic lovers to enjoy their favorite comics wherever
and whenever they want. The method used is qualitative and
quantitative methods. The qualitative method is carried out by a
literature study and online observation. Whereas the quantitative
method is done by distributing questionnaires to obtain more
references to support the data obtained from the previous method.
The concept used in this design in the making of a Japanese
comic-style semi-cartoon illustration of a total of 5 episodes with
30 panels in each episode. Aside from being in digital form, this
design also produced several supporting media, such as
notebooks, pins, t-shirts, smartphone cases, and video teasers.
Keywords: final projects, digital comic, Panji Asmarabangun,
Webtoon
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sainsbertek Jurnal Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.